logo

Written by Administrator on . Hits: 334

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)

Pengadilan Agama Rumbia Kelas II

Profil Singkat tentang Organisasi PPID

Dalam rangka memberikan pelayanan Informasi Publik sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 61 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Pengadilan Agama Rumbia Kelas II menetapkan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) melalui Keputusan Ketua Pengadilan Agama Rumbia Kelas II Nomor : 750/KPA.W21-A10/HM1/X/2023 tentang Penunjukan Tim Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pengadilan Agama Rumbia Kelas II.

Tim PPID Pengadilan Agama Rumbia Kelas II bertanggung jawab untuk melakukan penyediaan, penyimpanan, pendokumentasian, pelayanan, dan pengamanan informasi publik. Atasan PPID merupakan Pimpinan PPID Pengadilan Agama Rumbia Kelas II.

Tugas dan Fungsi PPID

Tugas PPID Pengadilan Agama Rumbia Kelas II :

  1. Menyediakan dan mengamankan Informasi Publik;
  2. Memberikan pelayanan Informasi Publik yang cepat, tepat, dan  sederhana;
  3. Menyusun standar operasional prosedur pelaksanaan tugas dan kewenangan PPID Pengadilan Agama Rumbia Kelas II dalam rangka penyebarluasan Informasi Publik;
  4. Menetapkan Daftar Informasi Publik dalam bentuk keputusan PPID Pengadilan Agama Rumbia Kelas II mengenai Daftar Informasi Publik Pengadilan Agama Pontianak Kelas I-A, paling lambat akhir bulan Januari tahun berjalan; 
  5. Melaksanakan Pengklasifikasian Informasi Publik atau perubahannya dengan persetujuan Atasan PPID Pengadilan Agama Rumbia Kelas II dalam bentuk keputusan PPID Pengadilan Agama Rumbia Kelas II mengenai klasifikasi informasi Pengadilan Agama Pontianak Kelas I-A;
  6. Menetapkan Informasi Publik yang Dikecualikan sebagai Informasi Publik yang dapat diakses dalam hal:
    1. telah dinyatakan terbuka bagi masyarakat berdasarkan mekanisme keberatan;
    2. telah dinyatakan terbuka bagi masyarakat;
    3. telah habis jangka waktu pengecualiannya; dan/atau
    4. ditentukan oleh peraturan perundang-undangan;
  7. Menetapkan pertimbangan tertulis atas setiap kebijakan yang diambil guna memenuhi hak setiap orang atas Informasi Publik;
  8. Mengkoordinasikan:
    1. pengumpulan seluruh Informasi Publik yang meliputi: informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala, informasi yang wajib diumumkan secara serta merta; dan informasi yang wajib tersedia setiap saat;
    2. pengumpulan Informasi Publik yang Dikecualikan;
    3. pengumuman Informasi Publik melalui media yang secara efektif dan efisien dapat menjangkau seluruh pemangku  kepentingan;
    4. penyampaian Informasi Publik dalam bahasa Indonesia yang baik, benar, dan mudah dipahami;
    5. pemenuhan permohonan Informasi Publik yang dapat  diakses oleh publik;
    6. Pengklasifikasian Informasi Publik dan/ atau pengubahan Pengklasifikasian Informasi Publik;
    7. permohonan keberatan di proses berdasarkan prosedur; 
    8. proses layanan Informasi Publik di Pengadilan Agama Rumbia Kelas II berjalan dengan baik;
  9. Melakukan Uji Konsekuensi terhadap Informasi Publik yang tidak dapat diakses oleh masyarakat sebagaimana dimaksud dalam peraturan perundang-undangan mengenai keterbukaan Informasi Publik;
  10. Memberikan alasan tertulis atas pengecualian Informasi Publik, dalam hal  permohonan Informasi Publik ditolak;
  11. Melakukan penghitaman atau pengaburan materi Informasi Publik yang Dikecualikan beserta alasannya;
  12. Menetapkan dan menugaskan petugas layanan informasi untuk membantu pelaksanaan tugas PPID Pengadilan Agama Rumbia Kelas II;
  13. Melakukan pengembangan kompetensi petugas layanan informasi guna  meningkatkan  kualitas  layanan  informasi publik;
  14. Menggunakan Sistem Informasi PPID dalam pengelolaan layanan Informasi Publik;
  15. Menyediakan Informasi Publik yang mutakhir pada portal Pengadilan Agama Rumbia Kelas II dan Sistem Informasi PPID;
  16. Memelihara dan/atau memutakhirkan informasi pada portal Pengadilan Agama Rumbia Kelas II dan Sistem Informasi PPID sekurang-kurangnya 1 (satu) kali dalam 1 (satu) bulan;
  17. Melakukan koordinasi, harmonisasi, dan fasilitasi Perangkat  PPID;
  18. Menyediakan ruangan dan/ atau meja layanan Informasi Publik:
  19. Membuat dan menyampaikan Laporan Empat Bulanan Layanan Informasi Publik kepada Atasan PPID Pengadilan Agama Rumbia Kelas II; dan
  20. Membuat dan mengumumkan Laporan Tahunan layanan Informasi Publik serta menyampaikan salinannya kepada Komisi Informasi Pusat.

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Rumbia

🏢 : Jl. Poros Bombana - Kendari Desa Lantowua, Kec. Rarowatu Utara, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara. 93771
📠 : (0401) 3088873
📱 : 0821-3336-2051
📥 : pengadilanagamarumbia@gmail.com
🎥 : Pengadilan Agama Rumbia
 : pa-rumbia.go.id

Sosial Media