logo

Written by Administrator on . Hits: 78

AKREDITASI PENJAMINAN MUTU (APM)

 

Akreditasi adalah suatu pengakuan terhadap lembaga yang diberikan oleh badan yang berwenang setelah dinilai bahwa lembaga tersebut memenuhi syarat kebakuan atau kriteria tertentu. Adapun penjaminan mutu adalah serangkaian proses yang saling berhubungan untuk mengumpulkan, menganalisis dan melaporkan data mengenai kinerja dan pelayanan untuk ditindaklanjuti dengan program peningkatan mutu secara berkelanjutan. 

Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan merupakan suatu penilaian menyeluruh yang dilakukan oleh Tim Penjaminan Mutu (TPM) untuk menentukan peringkat pengakuan terhadap kualitas penyelenggaraan seluruh aktivitas penjaminan mutu pada Pengadilan. Kegiatan akreditasi tersebut merupakan pengembangan kegiatan dari sertifikasi ISO yang dilakukan oleh pengadilan untuk mencapai optimalisasi, efisiensi dan profesionalisme pelaksanaan kegiatan di lingkungan pengadilan. 

Pengadilan Agama Rumbia Kelas II pertama kali melaksanakan Akreditasi Penjaminan Mutu pada tahun 2019 dengan mendapatkan predikat A. Berdasarkan hasil tersebut, Pengadilan Agama Rumbia berusaha untuk tetap mempertahankan penilaian di semua bidang baik terhadap dokumen, Sumber Daya Manusia (SDM), maupun sarana prasana untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan publik sehingga pada saat penilaian surveillance 1 dapat tetap mempertahankan status predikat tersebut. 

Pelaksanaan assesment surveillance mengacu pada Pedoman Akreditasi Penjaminan Mutu Badilag yang ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Badilag Nomor : 2081.b/DJA/OT.01.3/10/2018 tanggal 6 Oktober 2018 tentang pemberlakuan Pedoman Akreditasi Penjaminan Mutu Badilag dan Surat Dirjen Badilag Nomor 2065/DJA/OT.01.3/5/2019 tanggal 27 Mei 2019 perihal Assesment Surveillance 1 Penjaminan Mutu Gelombang 1 Tahun 2019.

Adapun penilaian assesment Akreditasi Penjaminan Mutu ini terdapat 7 (tujuh) kriteria, di antaranya yaitu

  1. Kepemimpinan (Leadership)
  2. Fokus Pengguna (Customer Focus)
  3. Manajemen Proses (Process Management)
  4. Rencana Strategis (Strategic Planning)
  5. Manajemen Sumberdaya (Resource Management)
  6. Sistem Dokumen (Document System)
  7. Hasil Kinerja (Perfomance Result)

 

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Rumbia

🏨 : Jl. Yos Sudarso No. 351 Lampopala, Rumbia, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara
📞 : (0401) 3088873
📠 : (0401) 3088873
📱  : 0821-3336-2051
📧 : pengadilanagamarumbia@gmail.com
📹 : Pengadilan Agama Rumbia
🌐 : pa-rumbia.go.id

Sosial Media

 

Arsip File - File Multimedia

- Instagram

- Facebook

- Youtube