logo

PA Rumbia Buka E-Court Corner | (21/10)

Written by Pengadilan Agama Rumbia on .

Written by Pengadilan Agama Rumbia on . Hits: 196

PA Rumbia Buka E-Court Corner

Petugas E-Court Corner PA Rumbia Siap Membantu Pihak yang Ingin Berperkara Secara Elektronik

Sebagai tindak lanjut dari Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 3 tahun 2018 tentang Administrasi Pengadilan secara Elektronik di Pengadilan  dan untuk memberi area dan akses internet bagi advokat/pengacara/kuasa hukum para pihak berperkara dalam hal pendaftaran perkaranya, serta untuk mewujudkan Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi untuk Melayani, maka sebagai implementasinya Pengadilan Agama Rumbia membuat area Pojok e-Court (e-Court Corner) sebagai tempat informasi seputar e-Court.

Guna memaksimalkan sosialisasi dan meningkatkan pendaftaran perkara secara elektronik, Pengadilan Agama Rumbia membuka layanan bimbingan dan konsultasi berupa E court corner (layanan pendaftaran perkara secara elektronik) bagi para advokat dan para pihak yang ingin mendaftarkan perkaranya secara mandiri.

Sistem aplikasi e court yang terdiri dari e filling (pendaftaran perkara), e Payment (pembayaran panjar biaya) dan e Summons (Pemanggilan para pihak) yang dilakukan secara online, masih menjadi kendala bagi para penggunanya disebabkan belum populernya system ini.

Untuk keperluan tersebut, telah ditunjuk seorang petugas yaitu Rizky Febriana AL, S.H, adapun fasilitas yang tersedia pada e-Court Corner ini adalah: Meja kursi standar, komputer yang terhubung dengan jaringan internet/wifi free dan Banner tentang e-Court.

Melalui layanan e court corner diharapkan akan semakin mempermudah para Advokat dan para pihak untuk mendaftarkan perkaranya secara online, begitu juga para petugas dipengadilan akan semakin akrab dengan teknis penyelesaian administrasi perkara secara elektronik. Setelah tersedia area e-Court corner diharapkan para Advokat dan para pihak yang ingin mendaftarkan perkaranya secara mandiri dapat berkonsultasi dengan petugas e-Court yang sudah ditunjuk.  

Dalam implementasi sistem e court, Pengadilan Agama Rumbia saat ini telah tersedia dan aktif sejak Januari 2019 meskipun pendaftarnya masih terbilang minim. Oleh karenanya melalui e court corner diharapkan akan semakin meningkatkan pendaftaran perkara melalui e court baik dari para Advokat ataupun para pihak secara mandiri.

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Rumbia

Jl. Yos Sudarso No. 2 Lampopala, Rumbia, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara

Telp : (0401) 3088873
Fax  : (0401) 3088873

 

Sosial Media